KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT PEMBINAAN SMP
2014
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran
1
|
Format Pendampingan
Penguatan Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor terhadap
Buku Panduan Bimbingan dan Konseling dan
Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik SMP
dalam Kurikulum 2013
|
|
Lampiran
2
|
Format Pendampingan Asesmen
Kebutuhan, Permasalahan, dan Penelusuran Minat
Peserta Didik
|
|
Lampiran
3
|
Format Pendampingan Penyusunan Program Bimbingan dan
Konseling
|
|
Lampiran 4
|
Format
Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling
|
|
Lampiran 5
|
Format
Pendampingan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal
|
|
Lampiran
6
|
Format
Pendampingan Pelaksanaan Layanan Konseling Individual
|
|
Lampiran
7
|
Format
Pendampingan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok (Small group)
|
|
PETUNJUK PENGISIAN FORMAT PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013
- Isilah identitas sasaran pendampingan pada ruang yang telah disediakan.
- Tulis deskripsi pemenuhan indikator pada
masing-masing komponen pada kolom yang disediakan
berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, dan/atau
studi dokumen yang relevan.
- Nyatakan
tingkat pemenuhan indikator pada masing-masing butir
dengan menuliskan persentase ketercapaian pada
kolom yang tersedia dengan ketentuan sebagai berikut:
100%
|
:
|
Jika 4 (semua) indikator yang terpenuhi
|
75%
|
:
|
Jika 3 indikator yang terpenuhi
|
50%
|
:
|
Jika 2 indikator yang terpenuhi
|
25%
|
:
|
Jika 1 indikator yang terpenuhi
|
0%
|
:
|
Jika tidak ada indikator yang
terpenuhi
|
- Tulis saran Anda kepada guru
untuk menindaklanjuti agar mencapai target sesuai
indikator pada kolom yang tersedia.
- Jika kolom yang tersedia untuk menuliskan
deskripsi pemenuhan indikator dan saran tindak lanjut tidak cukup, Anda dapat menuliskannya pada lembar terpisah.
- Dalam
pengisian format,
petugas dapat melihat berbagai sumber data
dan dokumen pendukung sebagai bukti pencapaian kemajuan yang telah
dihasilkan oleh guru sasaran
Selamat
Bertugas.
LAMPIRAN 1
FORMAT PENDAMPINGAN
PENGUATAN PEMAHAMAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING ATAU
KONSELOR
TERHADAP BUKU PANDUAN
BIMBINGAN DAN KONSELING DAN PEDOMAN PENELUSURAN MINAT PESERTA DIDIK SMP
DALAM KURIKULUM
2013
1. Nama Guru Sasaran : .................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Nama Guru Pendamping : .................................................
4. Unit Kerja :
.................................................
No.
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Kondisi
Riil /
Persentase Ketercapaian
(0% - 100%)
|
Saran
Tindak Lanjut
|
A.
|
Buku Panduan Guru
|
Memahami isi buku panduan guru.
|
1. Menjelaskan secara garis besar komponen isi (outlining) buku pedoman
2. Menjelaskan cakupan isi yang terkandung dalam buku panduan BK SMP
3. Menjelaskan manfaat buku
pedoman terhadap pembentukan kompetensi guru bimbingan dan konseling
4. Menjelaskan strategi
implementasi layanan bimbingan dan konseling sesuai maksud yang terkandung
dalam buku panduan
|
|
|
B.
|
Buku Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik SMP
|
Memahami isi buku pedoman penelusuran minat
|
1. Menjelaskan secara garis besar komponen isi
(outlining) buku pedoman
2. Menjelaskan cakupan isi yang terkandung
dalam buku pedoman peminatan
3. Menjelaskan manfaat buku pedoman terhadap
pembentukan kompetensi guru bimbingan dan konseling di SMP
4. Menjelaskan strategi
implementasi layanan peminatan sesuai maksud yang terkandung dalam buku
pedoman peminatan
|
|
|
|
|
………………………..,………………………………...2014
......................................................................
|
|
LAMPIRAN 2
FORMAT PENDAMPINGAN ASESMEN KEBUTUHAN, PERMASALAHAN, DAN
PENELUSURAN MINAT PESERTA DIDIK
1. Nama Guru Sasaran : .................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Nama Guru Pendamping :
.................................................
4. Unit Kerja :
.................................................
No.
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Kondisi
Riil /
Prosentase Ketercapaian
(0% - 100%)
|
Saran
Tindak Lanjut
|
A.
|
Asesmen Kebutuhan
dan Permasalahan Peserta Didik
|
Memahami langkah-langkah awal dalam merencanakan identifikasi kebutuhan
dan permasalahan peserta didik
|
1.
Mampu mendeskripsi tujuan yang
diharapkan dalam identifikasi kebutuhan dan permasalahan yang sesuai dengan
tugas perkembangan kelas VII, VIII, dan IX
2.
Menjelaskan rasional pemilihan
pendekatan dan metode yang digunakan dalam asesmen kebutuhan dan permasalahan
peserta didik
3.
Menjelaskan
manfaat identifikasi
kebutuhan dan permasalahan bagi perancangan program bimbingan dan konseling
4.
Menjelaskan
dan atau menyusun
kisi-kisi instrumen yang digunakan dalam penelusuran kebutuhan dan
permasalahan peserta didik
|
|
|
Memahami langkah-langkah olah analisis, interpretasi data hasil identifikasi kebutuhan dan
permasalahan peserta didik
|
1.
Menjelaskan
langkah-langkah penyekoran hasil
identifikasi kebutuhan dan permasalahan peserta didik
2.
Menjelaskan
langkah-langkah analisis dan interpretasi
hasil identifikasi dalam bentuk peta kebutuhan dan permasalahan
3.
Menjelaskan
keterkaitan hasil identifikasi kebutuhan dan
permasalahan peserta didik dengan penyusunan program bimbingan dan konseling
4.
Menjelaskan
keterkaitan hasil identifikasi dengan
capaian tugas perkembangan berdasarkan bidang pribadi-sosial, belajar, dan
karir
|
|
|
B.
|
Asesmen Kebutuhan Peminatan Peserta Didik
|
Memahami langkah-langkah asesmen dalam rangka
pelayanan peminatan peserta didik yang sesuai dengan tahap perkembangan kelas
VII, VIII, dan IX
|
1.
Menjelaskan komponen-komponen penting dalam asesmen
peminatan peserta didik (pemahaman diri, nilai kehidupan, lingkungan
pekerjaan, lingkungan pendidikan, dan arah minat peserta didik)
2.
Menjelaskan keterkaitan antara pemilihan pendekatan
asesmen yang digunakan dengan jenis dan sumber data yang diambil
3.
Menjelaskan ketersediaan data pendukung dalam asemen
peminatan (hasil raport, hasil tes bakat & minat, hasil ujian, dan hasil
wawancara dengan orang tua dan pihak terkait)
4.
Menjelaskan butir-butir rekomendasi hasil asesmen
dan penetapan peminatan peserta didik, serta bentuk kegiatan/cara
mengkomunikasikan rekomendasi yang telah ditetapkan terkait peminatan peserta
didik
|
|
|
|
|
………………………..,………………………………...2014
......................................................................
|
|
LAMPIRAN 3
FORMAT PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN
KONSELING
1. Nama Guru Sasaran : .................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Nama Guru Pendamping :
.................................................
4. Unit Kerja :
.................................................
No.
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Kondisi
Riil /
Prosentase Ketercapaian
(0% - 100%)
|
Saran
Tindak Lanjut
|
A.
|
Penyusunan Program Tahunan
|
Mampu
merumuskan Visi dan Misi Layanan Bimbingan
dan Konseling
|
1. Menjelaskan makna yang terkandung dalam rumusan visi dan misi sekolah.
2. Mendeskripsikan
visi dan misi layanan bimbingan dan konseling yang dirumuskan.
3. Menjelaskan keterkaitan visi dan misi layanan BK dengan
visi dan misi yang ada di sekolah
4. Visi dan misi
yang dibuat memiliki keterkaitan erat dengan tugas perkembangan dan peta
permasalahan peserta didik yang telah diidentifikasi sebelumnya
|
|
|
Menyusun
tujuan dan sasaran secara jelas
|
1. Mendeskripsikan
tujuan dan sasaran dalam rancangan program yang dikembangkan
2. Menjelaskan
keterkaitan antara rumusan tujuan dengan hasil asesmen kebutuhan dan
permasalahan peserta didik (apakah rumusan tujuan mampu memfasilitasi
kebutuhan dan menjawab permasalahan yang ada)
3. Rumusan tujuan
sesuai dengan pencapaian kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik
4. Tujuan yang
dirumuskan sesuai dengan kebutuhan sasaran peserta didik yang dituju (kelas
VII, VIII, atau IX)
|
|
|
Menyusun
format program tahunan
secara jelas
|
1. Menyusun format
kerangka program tahunan dalam bentuk yang logis dan sistematis
2. Merancang semua
jenis layanan dan kegiatan dengan mempertimbangkan sebaran per bidang
pelayanan (pribadi, sosial, belajar, dan karir)
3. Merancang format
program tahunan yang sesuai dengan kebutuhan sasaran peserta didik yang
dituju (VII, VIII, dan IX)
4. Merancang format program tahunan
dengan mempertimbangkan sebaran kegiatan pada tiap semester
|
|
|
B.
|
Penyusunan Program Bulanan
|
Menyusun format program
bulanan secara jelas
|
1. Mengelompokkan
seluruh jenis layanan dan kegiatan pendukung dalam satuan kegiatan per bulan
2. Mengelompokkan
seluruh jenis layanan dan kegiatan pendukung dengan mempertimbangkan proporsi
bidang pelayanan (pribadi, sosial, belajar, dan karir)
3. Menyusun program
bulanan dengan mempertimbangkan kecukupan alokasi waktu dalam setiap bulannya
4. Menyusun format
program bulanan dalam bentuk yang sistematis dan dapat dipahami dengan baik
|
|
|
|
|
………………………..,………………………………...2014
......................................................................
|
|
LAMPIRAN 4
FORMAT PENDAMPINGAN
PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Nama Guru Sasaran :
.................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Nama Guru Pendamping :
.................................................
4. Unit Kerja :
.................................................
No.
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Kondisi
Riil /
Prosentase Ketercapaian
(0% - 100%)
|
Saran Tindak Lanjut
|
A.
|
Identitas Layanan Bimbingan dan Konseling
|
Menuliskan
identitas dengan lengkap
|
1. Menyebutkan
identitas satuan pendidikan
2. Menyebutkan
identitas sasaran pelayanan
3. Menyebutkan alokasi
waktu penyelenggaraan layanan
4. Menyebutkan
tempat penyelenggaraan layanan
|
|
|
B.
|
Rumusan Tujuan
|
Menuliskan rumusan tujuan
|
1. Merumuskan tujuan
pemberian layanan yang mencakup kompetensi ranah yang sesuai (kognitif, afektif,
psikomotorik)
2. Merumuskan tujuan
layanan yang sesuai dengan hasil
asesmen kebutuhan dan permasalahan peserta didik
3. Merumuskan tujuan
layanan yang sesuai dengan tugas perkembangan peserta didik di kelasnya
masing-masing
4. Merumuskan tujuan
layanan dengan kalimat yang lugas dan efektif
|
|
|
C.
|
Materi Layanan
|
Memilih
materi layanan yang
sesuai
|
1.
Memilih materi layanan sesuai dengan standar kompetensi yang akan dikembangkan
2.
Memilih materi layanan dengan mempertimbangkan
bidang pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan
3.
Memilih materi layanan sesuai dengan tujuan layanan yang akan diberikan
4.
Memilih/merumuskan kedalaman materi sesuai taraf kemampuan
peserta didik.
|
|
|
D.
|
Sarana & Prasarana
Layanan
|
Memilih
dan memanfaatkan media dan perlengkapan layanan bimbingan dan konseling secara optimal
|
1.
Memilih dan memanfaatkan
media sesuai dengan tujuan layanan
2.
Menyebutkan ruang pelayanan yang mendukung
ketercapaian tujuan yang diharapkan
3.
Menyebutkan alat dan bahan yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik
4.
Menyebutkan sumber kepustakaan yang mendukung isi
layanan yang akan diberikan
|
|
|
E.
|
Kegiatan Layanan
|
Merancang
kegiatan layanan
dengan pendekatan yang jelas dan sistematis
|
1.
Merumuskan kegiatan layanan yang
mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup
2.
Merumuskan
kegiatan layanan sesuai dengan kompetensi (mengembangkan sikap,
pengetahuan, dan keterampilan)
3.
Merumuskan
langkah-langkah
kegiatan layanan sesuai dengan
karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana, dan media yang digunakan
4.
Merumuskan metode layanan yang interaktif dan
mendorong partisipasi peserta didik
|
|
|
F.
|
Penilaian
|
Merancang
kegiatan penilaian
|
1. Menyebutkan jenis
penilaian yang akan dilakukan
2. Menjelaskan
langkah-langkah bagaimana penilaian akan dilaksanakan
3. Menentukan
prioritas jenis penilaian yang akan digunakan dengan mempertimbangkan materi
dan level perubahan perilaku
4. Menyiapkan
instrument yang diperlukan untuk menilai perubahan/pencapaian tujuan yang
diinginkan
|
|
|
|
|
………………………..,………………………………...2014
......................................................................
|
|
LAMPIRAN 5
FORMAT PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
1. Nama Guru Sasaran :
.................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Nama Guru Pendamping :
.................................................
4. Unit Kerja :
.................................................
No.
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Kondisi
Riil /
Prosentase Ketercapaian
(0% - 100%)
|
Saran Tindak Lanjut
|
A.
|
Persiapan Layanan Bimbingan Klasikal
|
Ketersediaan RPLBK untuk materi-materi yang dikembangkan
|
1. Tersedianya RPLBK
untuk seluruh materi yang dikembangkan dalam bimbingan klasikal
2. Penyusunan RPLBK
telah memenuhi kaidah penyusunan yang logis
3. Tersedianya
materi-materi yang dibutuhkan untuk bimbingan klasikal
4. Rancangan yang
dibuat telah melalui diskusi dan masukan dari teman sejawat
|
|
|
B.
|
Pelaksanaan Bimbingan Klasikal
|
1. Ketepatan
pelaksanaan layanan bimbingan klasikal
|
1. Pelaksanaan
layanan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan
2. Pelaksanaan
layanan sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan yang telah direncanakan
sebelumnya
3. Terpenuhinya
sarana, prasarana, media, dan perlengkapan operasional yang mendukung
kelancaran pelaksanaan layanan bimbingan klasikal
4. Guru bimbingan
dan konseling memiliki kemampuan penyajian materi (metode dan teknik) yang bervariasi dan
sesuai dengan tujuan yang diharapkan
|
|
|
2.
Mendorong motivasi dan penyampaian tujuan layanan
|
1.
Mengaitkan materi layanan sekarang dengan pengalaman
peserta didik atau materi layanan sebelumnya.
2.
Mengajukan pertanyaan menantang, menyampaikan manfaat materi dan/atau
mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema.
3. Menyampaikan tujuan/kompetensi yang akan dicapai peserta
didik
4. Menyampaikan
materi melalui pendekatan yang memotivasi dan menginspirasi peserta didik
|
|
|
3.
Menguasai kedalaman dan keluasan materi
|
1.
Menyajikan materi yang secara konsep benar (dalam
berbagai cara penyajian, misalnya bertanya, menjelaskan, dll)
2.
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan layanan
bimbingan klasikal
3.
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang
relevan, perkembangan Iptek , dan
kehidupan nyata.
4.
Menyajikan materi secara sistematis (jelas, dari mudah ke sulit, dari konkrit
ke abstrak)
|
|
|
4.
Menerapkan kemampuan penyajian materi
|
1.
Melakukan kegiatan layanan sesuai dengan kompetensi
yang akan dicapai.
2.
Menerapkan strategi layanan yang relevan (bertanya,
variasi, menjelaskan, dll)
3.
Memancing/memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan pertanyaan.
4.
Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba dan mengolah/menganalisis
informasi untuk membuat kesimpulan.
|
|
|
5.
Pelibatan Peserta Didik dalam Layanan Bimbingan
Klasikal
|
1. Menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik (mental, fisik, dan sosial) melalui interaksi
guru, peserta didik
2. Merespon positif
partisipasi peserta didik.
3. Menunjukkan sikap
terbuka terhadap respons peserta didik.
4. Menumbuhkan keceriaan
atau antusiasme peserta didik dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal
|
|
|
C.
|
Kegiatan Penutup
|
Menerapkan Langkah Penutupan dalam Layanan Bimbingan Klasikal
|
1.
Membuat rangkuman dengan
melibatkan peserta didik.
2.
Melakukan refleksi yang mengaitkan
materi layanan dengan sikap spiritual dan sosial
3.
Memberi tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan
berikutnya dan/atau tugas pengayaan
4.
Meminta umpan balik evaluative dari peserta didik atas
pelaksanaan layanan yang telah dilakukan
|
|
|
………………………..,………………………………...2014
......................................................................
|
|
LAMPIRAN 6
FORMAT PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING PERORANGAN/INDIVIDUAL
1. Nama Guru Sasaran : .................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Nama Guru Pendamping :
.................................................
4. Unit Kerja :
.................................................
No.
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Kondisi
Riil /
Prosentase Ketercapaian
(0% - 100%)
|
Saran Tindak Lanjut
|
A.
|
Keterampilan dasar konseling
|
Menguasai keterampilan-keterampilan dasar konseling
|
1. Menjelaskan keterampilan-keterampilan dasar konseling yang digunakan
untuk membantu konseli.
2. Menjelaskan alasan pemilihan keterampilan-keterampilan dasar konseling secara tepat untuk membantu
konseli.
3. Mendemonstrasikan keterampilan-keterampilan dasar konseling secara tepat.
4. Menunjukkan kekuatan dan kelemahan diri dalam mengaplikasikan keterampilan-keterampilan
konseling.
|
|
|
B
|
Fase-fase atau tahap-tahap konseling
|
Menguasai fase-fase atau tahap-tahap konseling
|
1.
Mampu membuka
konseling dengan dengan mengembangkan hubungan baik (raport) dengan konseli.
2.
Mampu membantu
konseli mengeksplorasi untuk menemukan dan menggali latar belakang dan
penyebab masalah.
3.
Mampu membantu
konseli mengatasi masalah.
4.
Mampu menutup proses
konseling
|
|
|
C
|
Teori dan pendekatan konseling
|
Menguasai teori-teori dan pendekatan-pendekatan konseling
|
1.
Mampu menjelaskan teori-teori
atau pendekatan konseling secara
tepat.
2.
Menjelaskan alasan
pemilihan suatu pendekatan atau teori konseling secara tepat untuk membantu
konseli.
3.
Mampu mempraktikan
salah satu pendekatan konseling secara tepat..
4.
Menunjukkan kekuatan
dan kelemahan diri dalam mengaplikasikan salah satu pendekatan konseling.
|
|
|
|
|
………………………..,………………………………...2014
......................................................................
|
|
LAMPIRAN 7
FORMAT PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
1. Nama Guru Sasaran : .................................................
2. Asal Sekolah : .................................................
3. Nama Guru Pendamping : .................................................
4. Unit Kerja :
.................................................
No.
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Kondisi
Riil /
Prosentase Ketercapaian
(0% - 100%)
|
Saran Tindak Lanjut
|
A.
|
Perencanaan Layanan
Bimbingan Kelompok
|
Mampu menyusun rencana layanan bimbingan
kelompok
|
1. Mampu menemukan peserta didik yang akan diberi layanan bimbingan kelompok secara tepat
2. Mampu menemukan/memilih topik layanan secara tepat
3. Mampu menetapkan tujuan-tujuan perubahan yang diharapkan
4. Mampu menyusun RPL Bimbingan Kelompok
|
|
|
B
|
Fase-fase atau tahap-tahap bimbingan kelompok
|
Menguasai fase-fase atau tahap-tahap bimbingan kelompok
|
1.
Mampu memfasilitasi
kelompok dalam tahap awal kelompok (beginning
state)
2.
Mampu memfasilitasi
kelompok dalam tahap transisi kelompok (dari beginning ke working state)
3.
Mampu memfasilitasi
kelompok dalam tahap working state
4.
Mampu memfasilitasi
kelompok dalam tahap pengakhiran kelompok (terminating state)
|
|
|
C
|
Teknik-teknik yang digunakan dalam Bimbingan Kelompok
|
Memahami teknik-teknik bimbingan kelompok
|
1.
Mampu menjelaskan
teknik-teknik yang digunakan dalam bimbingan kelompok
2.
Mampu menjelaskan
alasan pemilihan suatu teknik secara tepat untuk membantu konseli dalam bimbingan
3.
Mampu mempraktikan
salah satu teknik bimbingan kelompok secara tepat.
4.
Menunjukkan kekuatan
dan kelemahan diri dalam mengaplikasikan salah satu teknik bimbingan
kelompok.
|
|
|
………………………..,………………………………...2014
......................................................................
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar